Sabtu, 30 Agustus 2008

GAYA HIDUP SEBAGAI YANG DIUTUS


PANGGILAN MENJADI RADIKAL: Gaya hidup sebagai yang DIUTUS.
"Damai bagimu! Seperti Bapa telah mengutus aku, Aku juga mengutus kamu." Yesus.
Ada sesuatu yang luar biasa tentang kata DIUTUS. Banyak kali Yesus berbicara fakta bahwa Dia diutus oleh Bapa. Dia sedang mengatakan bahwa alasan paling sebenarnya Dia mengutus kita untuk pergi mengerjakan kehendak Bapa adalah bahwa karena dia juga telah diutus ke dunia untuk melakukan kehendak Bapa. Kita perlu mengambil ini sebagai gaya hidup, menginkarnasikan Amanat Agung ke dalam darah dan daging kita setiap hari.
Ada banyak pokok bahasan hari-hari ini tentang Gereja yang MENGUTUS. Saya lebih tertarik pada MENGUTUS kehidupan. Ketika kita berbicara gereja kita dapat dengan mudah menunjuk kesalahan gereja dan ketidaksesuaiannya namun kita justru menarik diri kita dari kritik itu sendiri. Saya harus mengakui bahwa saya telah melakukan hal-hal yang salah di masa lalu yang telah menyinggung banyak orang lain dan untuk saya minta maaf. Mudah untuk menemukan kesalahan gereja tetapi sangat sulit mengakui bahwa kitalah gereja itu.
Menerima undangan Yesus untuk pergi dan menjadikan murid adalah berarti mengerti hati gereja yang sebenarnya. Ini adalah mengutus kehidupan. Ketika saya berpikir tentang menjadikan murid, yang saya pikirkan adalah menjamah seluruh bagian kehidupan tanpa terkecuali pada diri seseorang.
Gaya hidup mengutus adalah suatu investasi dalam kehidupan orang lain. Ini bukanlah program. Dan pastinya ini lebih dari sekedar mengatur aktivitas outreach. Menjadi orang yang diutus punya arti membangun jembatan kepada kehidupan orang lain - supaya mereka boleh mengenal Yesus dan menemukan apa artinya sungguh-sungguh menjadi hidup, mekhluk hidup yang bebas. Ini adalah sikap yang mengatakan, "Aku akan menginvestasikan hidupku pada orang lain untuk Kristus dan tujuan-Nya di bumi." Artinya aku akan hidup seperti itu dalam setiap segi kehidupan setiap hari. Dibutuhkan pewahyuan bagi kita untuk mengerti ...

Tidak ada komentar: