Jumat, 28 Maret 2008

BAHAYA SAMPAH ORGANIK


BAHAYA SAMPAH PLASTIK

SAMPAH ORGANIK
Sampah organik (dedaunan atau sisa makanan) bisa digunakan untuk pupuk yang sangat berguna bagi tanaman dan kebun kita.

SAMPAH KERTAS
Sampah kertas bisa diolah kembali menjadi kertas daur ulang dan dapat digunakan sebagai dekorasi atau juga bisa untuk hiasan. Selalu ingat untuk menggunakan kedua sisidari kertas yang kamu gunakan.

SAMPAH LAINNYA
Jenis sampah lainnya (kaleng, botol, kendi, dll) bisa diolah ulang menjadi kerajinan tangan seperti vas bunga, tempat pulpen. Jika itu sudah tidak bisa dipergunakan pastikan diambil pemulung untuk didaur ulang.

SAMPAH PLASTIK
Sampah plastik sangat berbahaya untuklingkungan hidup disekitar kita dan juga bagi kesehatan kita. Sampah plastik ini juga sangat susah untuk didaur ulang, kalau berbelanja,usahakan lah menggunakan tas yang terbuat dari kain dan jangan menerima tas plastik

FAKTA MENGENAI SAMPAH PLASTIK

1.. Sampah plastik atau benda-benda yang mengandung plastik (tas kresek, kantong plastik, bungkus permen, kemasan styrofoam atau gabus) jika dibuang begitu saja kedalam tanah, baru akan hancur dalam waktu sekitar 200 hingga 400 tahun.
2.. Membakar sampah plastik sama saja menambahkan racun yang sangat berbahaya pada udara yang setiap saat kita hirup karena asap hasil pembakaran tersebut mengandung racun kimia yang bisa menyebabkan antara lain penyakit pada saluran pernafasan, kanker paru-paru, dll.
3.. Sisa makanan yang terbungkus rapat dalam kemasan plastik, setelah 10 tahun berada didalam timbunan sampah, jika pembungkusnya dibuka kembali, maka bentuknya masih tetap sama karena plastik pembungkus-nya menghambat proses pembusukan yang seharusnya terjadi.
Jangan Membakar Sampah Plastik
Membakar plastik menyebabkan zat-zat beracun dari sampah itu akan terlepas menuju atmosfir dan tentu saja akan masuk ke udara yang kita hirup. Menghirup polusi udara seperti ini akan menyebabkan dampak negatif yang serius pada kesehatan termasuk melemahnya kekebalan tubuh dan kanker paru-paru.

Jangan Mengubur Sampah Plastik
Ketika kamu membuang sampah plastik atau segala sesuatu yang terbuat dari plastik (tas plastik, pembungkus permen, kue, Styrofoam, kemasan dari bahan spon, dll), akan dibutuhkan waktu sekitar 200 - 400 tahun untuk hancur.

Jangan Membuang Sampah Organik Yang Masih Terbungkus Plastik
Jika kamu membuang sampah organik yang masih terbungkus plastik, sampah tersebut tidak akan bisa terurai atau hancur. Jadi pastikan sampah organik kamu dipisahkan dari plastiknya.

ILUSTRASI

Setiap hari apabila setiap mahasiswa menghasilkan satu sampah plastik (permen, rokok, hingga membeli makanan seperti cakue, dll)
Ada kira-kira 1000 mahasiswa di UNPAR maka yang dihasilkan 1000 sampah plastik per hari, 30000 sampah plastik perbulan, 365.000 sampah plastik per tahun.
Apabila setiap 1000 sampah plastik dari mahasiswa masuk dalam satu kantong, maka akan dihasilkan 365 kantong per tahun.

Tidak ada komentar: